Pengetahuan dasar animasi 3D
Sering keluar pertanyaan dari
seseorang yang ingin berkecimpung dalam dunia animasi 3D ini: Dasar pengetahuan
apa yang perlu saya kuasai terlebih dahulu untuk dapat lebih mudah menguasai
animasi 3D? Selain pengetahuan komputer, Anda harus menyiapkan pula beberapa
pengetahuan dasar yang akan sangat membantu di dalam pemahaman proses 3D secara
cepat. Adapun pengetahuan itu dapat dijabarkan berdasarkan pembagian sebagai
berikut:
Kemampuan dasar menggambar
(Drawing)
Penekanan
di sini bukan berarti Anda harus sangat profesional dalam menggambar sesuatu.
Namun mampukah Anda mentransfer apa yang Anda lihat dengan mata, kemudian
melalui tangan untuk dapat menciptakan objek yang proporsional ? Kemudian
selebihnya adalah keahlian menggambar akan memudahkan Anda untuk dapat
menciptakan Storyboard, desain karakter, dan lain-lain, yang biasanya dilakukan
pada proses pre-production.
Kemampuan
dasar terhadap pengenalan warna (Painting)
Penguasaan
sifat warna yang baik dapat membantu Anda untuk menciptakan suatu nuansa
(environment) yang sesuai dengan keadaan. Ilmu ini banyak diterapkan dalam
pembuatan suatu tekstur dan pemberian warna lampu untuk mendramatisir suatu
ruang atau objek.
Kemampuan di dalam
memotret (Photography)
Fotografi
adalah dunia yang mempelajari bagaimana kita merekam suatu objek diam dari
balik lensa dan bagaimana kita dapat mengatur pencahayaannya yang benar,
sehingga akan terekam suatu objek sesuai kehendak kita dengan kualitas yang
optimal tentunya. Dengan penguasaan ilmu itu sebelumnya, maka Anda tidak merasa
kesulitan pada saat membuat suatu kamera pada bidang 3D dan mengatur komposisi
benda di depannya secara benar, serta berapa banyak lampu yang sepatutnya
diletakan pada komposisi tersebut.
Kemampuan merekam gambar
bergerak (Cinematography)
Ilmu
ini banyak dipelajari di sekolah film, dimana kemampuan tersebut dapat
diaplikasikan disaat Anda ingin menganimasikan sesuatu yang mempunyai urutan
cerita bersambung (continuity), dan bagaimana Anda dapat menciptakan suatu mood
dalam sebuah adegan 3D yang dianimasikan sehingga tampak terlihat kuat baik
secara struktural gerak maupun komposisi.
Kemampuan di dalam
mematung (Sculpture)
Dalam
seni patung kita diajarkan bagaimana kita harus memulai suatu pembentukan, dan
bagian mana terlebih dahulu yang bisa dilakukan proses pembentukan. Bila Anda
dapat memvisualkan sesuatu yang ditangkap oleh mata ke dalam bentuk gambar,
yang ditransfer melalui tangan, maka Anda tidak terlalu sulit untuk dapat
membuat suatu model yang proposional dalam 3D. Hanya cukup melalui indera
penglihatan dan ketajaman insting kita sangat membantu mempercepat proses
modeling dalam 3D.
Kemampuan di dalam
penguasaan ruang (Nirmana)
3D
adalah ruang, maka dengan mengetahui bagaimana memanfaatkan ruang tersebut,
maka kita dapat lebih mudah untuk bekerja di dalam penciptaan virtual space
dalam 3D. Seperti contoh, bila Anda diberikan sebuah kotak besar yang di
dalamnya terdapat ratusan batang korek api, dan Anda diharuskan membuat suatu
komposisi ruang dari susunan batang korek api tersebut, apa yang Anda perbuat?
Disitulah keasahan otak kita dilatih untuk mampu memaksimalkan setiap sisi dari
kotak agar komposisi terlihat seimbang dan membentuk koreografi korek api yang
tersusun.
Kemampuan di dalam
menciptakan gambar bergerak pada kertas (Cell Animaton)
cepat.Kemampuan ini sangat berkaitan erat dengan pergerakan (animasi) dalam bidang 3D. Bila kita telah mengenal terlebih dahulu gerakan yang benar dalam sebuah kertas (sketsa gerak), maka kita lebih mudah untuk mentransfer kemampuan tersebut ke dalam pergerakan 3D dengan
(www.powerscomputer.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar