Jumat, 06 Juli 2012

Animasi 3D Pemula (Jilid 3)
Referensi buku Belajar Animasi 3d  untuk Pemula : 

The Magic Of 3D Studio MAX (Edisi Revisi-2)











Penerbit             :  Informatika
Kategori Buku   :  Komputer Grafis
Karangan           :  Hendi Hendratman, Robby

Sinopsis
3D Studio Max adalah software visualisasi dan animasi 3 Dimensi yang handal dan serbaguna. Biasa digunakan untuk animasi, efek video, ilustrasi grafis, multimedia, arsitektur, interior, furniture, otomotif, produk, games, web, fashion dll. Maka presentasikan anda lebih komunikatif dan impresif. Buku ini mengajak anda membuat karya variatif dan populer dengan tutorial yang sistematis dan ‘fun’. Disertai teknik dan trik rahasia para profesional. Dengan mengikuti tutorial di buku ini, otomatis anda akan paham fungsi-fungsi 3D Studio Max sekaligus memecahkan masalah pada banyak kasus. Dengan 36 lebih tutorial kasus yang variatif ini anda akan temukan kemudahan dan keajaiban 3DStudioMax! Dibawakan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, meskipun materinya padat dan berat. Disediakan video tutor agar proses belajar semakin cepat dan mengasyikkan. Selamat menikmati ‘keajaiban’ 3D Studio Max. It’s Magic!
Daftar Isi Overview 21Tutorial                                               
Komentar Pembaca                                           
Sekapur Sirih                                                         
Tentang Penulis                                             
Ucapan Terima Kasih & Salam                       
Aplikasi 3D Studio Max                              
Setting Awal 3D Studio Max                           
Overview
37 Tutorial “The Magic of 3D Studio Max”
1: Desktop  halaman 1
Mengenalkan Prinsip 3D Studio Max secara cepat, mulai Tools utama, Modelling, Editing, material, sampai animasi. Materi: Tool Snap Toggle, Select & Move , Quick Render, Arc Rotate, Zoom, Pan, Autokey, Play animation Objek: Box, Plane, Cylinder, Teapot, Cahaya Omni, Camera Target dll

2: Batman Begins  halaman 13
Menguasai teknik gambar 2D seperti di Coreldraw. Setelah bentuk/shape 2D selesai dapat diberi modifier Extrude & Bevel untuk menjadikan objek 3D. Materi: Extrude , Bevel, Mirror, Attach, Bezier, Weld dll

3: When the Circle Cry  halaman 23
Logo 2D dengan gaya melingkar yang terpotong dibubuhi teks dan background bitmap. Materi : Shapes: Line, Circle , Ellipse, Outline, Trim, Weld, Parameter Line: Renderable Modifier: Bend

4: MTV (MeshTV)  halaman 31
Membuat bentuk objek yang berawal dari kotak/box. Materi : Isolation Selection Modifier: Normal, Edit Mesh, Parameter Edit Mesh: Extrude, Bevel, Detach, Material: MultiSub object, Checker, Bitmap

5: Soft Sofa  halaman 39
Membuat sofa, meja dan finishing akhir yang akan digabungkan dengan Tutorial sebelumnya secara teamwork. Materi: Modifier: Mesh Smooth, Map Scaler. Cap Holes, Chamfer Cylinder Angle Snap Toggle, Grid and Snap Setting, Show End Result, Align, Rotate, Array

6 : Silver Spoon  halaman 51
Sendok dapat dibuat dengan mudah dengan surface dan shell. Dengan menguasai tutorial ini otomatis anda dapat membuat objek / perabotan dapur lain seperti garpu, katel, pisau, panci dll. Silakan teliti apa saja yang ada di dapur anda.

7 : Nice Glass and Ice  halaman 59
Membuat Gelas dengan teknik Lathe dan material yang realistis untuk gelas dan es. Materi: Modifier: Lathe, Noise, Create Line : Outline Create : Loft , Deformation Scale Light : Target Spot Material: Flat Mirror: Noise Material : Raytrace

8:  Bad News  halaman 67
Animasi Teks “ Berita13” pada jalur melengkung mengelilingi Bola dunia dan hubungannya dengan Coreldraw. Modifier: Path Deform, Setup Durasi Animasi  Rotate, Animasi Camera, Render Video Post: Filter: Lens Effects Glow.

9: Hammer  to Fall  halaman 81
Membuat Palu 3D yang berasal dari objek 2D dengan material multisub object. Sekrup dibuat dengan teknik loft juga dengan deformasi Twist. Materi: Create: Compound Object: Loft & Boolean Deformation: Scale & Twist, Create: Ngon  Modifier List: Edit Mesh, Slice, Cap Holes, UVW Map Material: Multi/SubObject

10 Chase the Ace  halaman 95
Animasi ban kempes mengejar bola memantul. Dengan pengaturan grafik Curve editor pada bola, modifier Xform dan FFD box pada ban. Materi: Torus, Loft & Sphere, Material: Checker & Speckle. Tool: Select & Link Camera : Motion Blur Modifier List: Xform, FFDBox

11:  Back to Nature  halaman 105
Membuat pemandangan alam di perbukitan yang dibantu Photoshop. Materi: Displace, Edit Mesh, Foilage, Material: Top / Bottom, Background Bitmap Spherical Environment Raytrace, Displacement, Bump Effects: Lens Flare : Glow, Ray

12:  Architecturia  halaman 117
Membuat bangunan 2 lantai dengan komponen arsitektur instant. Materi: Create: AEC Extended: Wall, Objek Arsitektur: Stairs, Door, Windows, Bevel, Material: Multi  Sub/Object, Matte/ Shadow Render : Advanced Lighting: Light Tracer

13: Funtastic Fountain  halaman 135
Animasi air mancur dan modeling kolam batu lengkap dengan material. Materi: Create: Line & Loft Create: Particle System: Superspray Create: Space Warp: Gravity & Deflector Modifier List: Lathe, Ripple Material: Opacity, Mix, SelfIllumination Properties: Motion Blur.

14: Real Motion with Reactor   halaman 147
Animasi dan simulasi kotak jatuh mengenai bidang miring lalu jatuh ke air dengan batuan Engine Reactor. Materi: Rigid Body & Soft Body Collection, Water, Utility : Reactor Modifier List: Reactor Soft Body, Material: Wave

15: Pussy Milk  halaman 157
Membuat visualisasi kemasan kotak susu dengan teknik Unwrap UVW. Agar lebih luwes dan manusiawi diberi kesan lentur dan organik. Materi: Box, Boolean, Edit Mesh, Unwrap UVW, Smooth, FFDBox, Twist, Bend dan Capture ke/dari Adobe Photoshop.

16: Pirates of Carribean  halaman 169
Membuat kapal bajak laut yang terdiri dari permukaan melengkung / kurva dengan fasilitas Surface. Materi: Line, Plane Modifier List: Surface, Tesselate, Lattice, Material:  Diffuse Decal Premulitplied Alpha, Bump, Noise Material, Flat Mirror dan Environment: Fog

17: Darth Vader’s Death  halaman 187
Animasi ledakan kapal luar angkasa. Di belakang kapal tersebut terdapat kepulan asap bercahaya. Materi: Atmosheric Aparatus, Spray, Particle Array Motion Path, Material: Gradient , Noise Environment: Fire Effects, Track View: Dope Sheet: Visibility Track

18: Silent Hill  halaman 199
Membuat pemandangan di perbukitan untuk anak  anak. Terdapat jalan, pohon dan pagar yang mengikuti kontur perbukitan dengan teknik Patch deform. Materi:: Plane, Sphere, Cylinder, Loft , Scatter, Skylight Modifier List: Noise, Patch Deform, Spacing tool dan Rendering : Lightracer

19: Illegal Alien  halaman 207
Modelling Character Alien 3D dengan teknik Box Modeling. Objek dapat diwarnai / dilukis secara bebas pada objek tersebut di Viewport. Materi: Box, Cut, Extrude, Ring, Connect, Chamfer Modifier List: Vertex Paint Material: Vertex Color

20: Alien In Action  halaman 229
Animasi Alien dengan gerakan manusiawi dengan bantuan Character Studio dengan teknik Rigging Physique. Materi: Biped Modifier List: Physique, Modify: Envelope, Control Point, Motion: Figure, Footstep, Motion Flow, Display: Freeze, Hide

21:  Robo Skin halaman 241
Tahap yang paling pening tapi penting adalah proses rigging / skinning dimana objek / character yang telah kita buat harus di kaitkan ke dalam tulang / system biped. Agar character yang kita buat dapat ikut bergerak secara manusiawi

22:  Cross Tree halaman 255
Cara mudah dan cepat yaitu membuat pohon silang yang biasa dijumpai pada game – game balap, agar frame rate tetap baik. Anda perlu menggunakan Adobe Photoshop untuk bisa membuat ‘pohon silang’ ini.

23:  Blob Logo halaman 261
Membuat animasi logo kartun seperti logo Sony Erriscon edisi Walkman. Dengan menggunakan fitur Blob Mesh yang ada mulai di 3D Studio Max versi 6, anda dapat membuat logo yang mempunyai garis lengkung yang sulit dikerjakan secara manual.

24:  ShineFX halaman 265
Efek ini populer dipakai untuk opening acara di Televisi. Dengan 3D Studio Max dapat pula diciptakan kesan tersebut, cara ini salah satu cara dari beberapa teknik yang ada di 3D Studio Max . Tutorial dapat dipraktekkan di 3D Studio Max semua versi.

25:  Antitv halaman 273
Membuat simulasi Kain / cloth jatuh dan menerpa benda padat / rigid dengan permukaan yang tidak rata. Bentuk dan pergerakan Kain secara otomatis akan berubah dipengaruhi oleh  posisi Kain terhadap benda padat, kelenturan, gravitasi, dll. Animasi ini biasa dipakai salah satu stasiun TV

26 :  Sea Monster halaman 283
Membuat pemodelan ikan Pari jenis Manta Ray. Ikan Pari dibuat menggunakan teknik Box Modelling. Dengan ditambah modifier Mesh Select dan Wave pada kedua sayap dan ekornya, menjadikannya bergerak lebih alami. Dengan teknik dasar seperti inilah pembuatan monster dimulai.

27:  Deep Blue Sea halaman 297
Membuat suasana bawah laut dengan petualangan seekor ikan Pari yang kabur diiringi teman-teman kecilnya. Materi yang dibahas: Kedalaman dengan Gradient dan Fog, berkas cahaya dengan Volume Light dan Projector, Plankton dengan Spray, Ikan Teri dengan Pcloud dan Path Fillow.

28:  Rest in Beach halaman 309
Pada tutorial ini akan di bahas bagaimana sebuah model kursi berjemur dan payungnya akan di bangun hanya dengan berbekal Shapes : Line. Tutorial dapat dipraktekkan di 3D Studio Max semua versi.

29:  Teatanic halaman 325
nda dapat menggabungkan objek 3D pada background foto atau video secara realistik. Selain Teknik Camera match yang rumit, anda dapat membuat teknik Rotoscope sederhana dengan Material Matte Shadow dengan sedikit trik.

30 :  Basicar halaman 331
Dengan teknik Editable Poly,  anda bisa membuat body mobil. Tutorial ini hanya memperlihatkan tool – tool  Editable Poly yang bermanfaat untuk membuat sebuah mobil secara dasar / basic. Diharapkan dengan sedikit ketekunan anda dapat membuat mobil atau kendaraan lain yang lebih rumit dan detail.

31 :  Particle Chronicle halaman 347
Di 3D Studio Max mulai versi 6 ada fitur ajaib yaitu particle flow. Anda dapat merekayasa skenario / event kejadian pada partikel. Berbeda dengan partikel spray biasa, parameter particle view mempunyai flow chart terstruktur untuk mengatur kejadian suatu partikel secara sistematis

32 :  Mental Ray halaman 355
U untuk mendapatkan hasil render yang nyaris realistis, dapat menggunakan bantuan plugin V-Ray. Namun di 3D Studio Max sendiri sudah menyediakan fasilitas dengan fungsi yang sama yaitu Mental Ray. Meski tidak selengkap V-Ray, namun untuk membuat material berlian dan efek cahaya sebagai berikut anda bisa membuatnya dengan mudah.

33 :  Dressed For Success halaman 361
Salah satu teknik modelling yang canggih tapi perlu perencanaan yang matang adalah NURBS yang merupakan singkatan dari Non Uniform Rational Boolean Surface. Jadi NURBS adalah kumpulan surface tingkat lanjut. Dengan mengetahui fungsi - fungsi NURBS anda akan dapat membuat objek – objek fashion seperti baju, gaun, topi, sepatu dll

34 :  Monkey Tea Match Moving halaman 367
Men-sinkronkan pergerakan kamera pada video background dengan posisi objek 3D, hingga seolah-olah video background dan objek 3D menyatu. Teknik ini biasa dipakai untuk keperluan visual effect pada film maupun iklan di televisi

35 :  Charfly  halaman 383
Tutorial ini menggabungkan antara modelling, material dan animasi teks. Teks melayang per huruf satu persatu sehingga menjadi tulisan yang terbaca pada akhirnya. Animasi teks ini biasa ditayangkan pada judul acara di layar TV

35 :  Illustrate! halaman 397
Selain menggunakan material Ink n Paint, anda dapat menggunakan Plugins Illustrate! untuk menghasikan gambar kartun. Keunggulan Illustrate! antara lain pada kecepatan rendering, output ke Flash (*swf), variasi garis / outline dan parameter yang cukup lengkap.

37 :  Bonus Tutorial, Tips n Trix halaman 409
Beberapa materi - materi tutorial yang menarik dan bermanfaat dan belum dibahas dalam 36 tutorial sebelumnya antara lain : Wire Parameter, NURBS, Panorama Quicktime VR, Shockwave 3D, 3D  alkthrough, Channel 3D After Effects , Window Reflection, Tips

Untuk Contoh Gambar Animasi 3D Pemula :  KLIX DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar