Referensi buku Belajar Animasi 3d untuk Pemula :
The Magic Of 3D Studio MAX (Edisi Revisi-2)
Penerbit : Informatika
Kategori
Buku :
Komputer Grafis
Karangan : Hendi Hendratman, Robby
Sinopsis
3D Studio Max adalah software visualisasi dan animasi 3
Dimensi yang handal dan serbaguna. Biasa digunakan untuk animasi, efek video,
ilustrasi grafis, multimedia, arsitektur, interior, furniture, otomotif,
produk, games, web, fashion dll. Maka presentasikan anda lebih komunikatif dan
impresif. Buku ini mengajak anda membuat karya variatif dan populer dengan
tutorial yang sistematis dan ‘fun’. Disertai teknik dan trik rahasia para
profesional. Dengan mengikuti tutorial di buku ini, otomatis anda akan paham
fungsi-fungsi 3D Studio Max sekaligus memecahkan masalah pada banyak kasus.
Dengan 36 lebih tutorial kasus yang variatif ini anda akan temukan kemudahan
dan keajaiban 3DStudioMax! Dibawakan dengan bahasa yang sederhana dan mudah
dipahami, meskipun materinya padat dan berat. Disediakan video tutor agar
proses belajar semakin cepat dan mengasyikkan. Selamat menikmati ‘keajaiban’ 3D
Studio Max. It’s Magic!
Daftar
Isi Overview
21Tutorial
Komentar Pembaca
Sekapur Sirih
Tentang Penulis
Ucapan Terima Kasih & Salam
Aplikasi 3D Studio Max
Setting Awal 3D Studio Max
Komentar Pembaca
Sekapur Sirih
Tentang Penulis
Ucapan Terima Kasih & Salam
Aplikasi 3D Studio Max
Setting Awal 3D Studio Max
Overview
37 Tutorial “The Magic of 3D Studio Max”
37 Tutorial “The Magic of 3D Studio Max”
1: Desktop halaman 1
Mengenalkan Prinsip 3D Studio Max secara cepat, mulai Tools utama, Modelling,
Editing, material, sampai animasi. Materi: Tool Snap Toggle, Select & Move
, Quick Render, Arc Rotate, Zoom, Pan, Autokey, Play animation Objek: Box,
Plane, Cylinder, Teapot, Cahaya Omni, Camera Target dll
2: Batman Begins
halaman 13
Menguasai teknik gambar 2D seperti di Coreldraw. Setelah bentuk/shape 2D
selesai dapat diberi modifier Extrude & Bevel untuk menjadikan objek 3D.
Materi: Extrude , Bevel, Mirror, Attach, Bezier, Weld dll
3: When the Circle Cry
halaman 23
Logo 2D dengan gaya melingkar yang
terpotong dibubuhi teks dan background bitmap. Materi : Shapes: Line, Circle ,
Ellipse, Outline, Trim, Weld, Parameter Line: Renderable Modifier: Bend
4: MTV (MeshTV) halaman
31
Membuat bentuk objek yang berawal dari kotak/box. Materi : Isolation Selection
Modifier: Normal , Edit Mesh,
Parameter Edit Mesh: Extrude, Bevel, Detach, Material: MultiSub object, Checker,
Bitmap
5: Soft Sofa halaman 39
Membuat sofa, meja dan finishing akhir yang akan digabungkan dengan Tutorial
sebelumnya secara teamwork. Materi: Modifier: Mesh Smooth, Map Scaler. Cap
Holes, Chamfer Cylinder Angle Snap Toggle, Grid and Snap Setting, Show End
Result, Align, Rotate, Array
6 : Silver Spoon
halaman 51
Sendok dapat dibuat dengan mudah dengan surface dan shell. Dengan menguasai
tutorial ini otomatis anda dapat membuat objek / perabotan dapur lain seperti
garpu, katel, pisau, panci dll. Silakan teliti apa saja yang ada di dapur anda.
7 : Nice Glass and Ice
halaman 59
Membuat Gelas dengan teknik Lathe dan material yang realistis untuk gelas dan
es. Materi: Modifier: Lathe, Noise, Create Line : Outline Create : Loft ,
Deformation Scale Light : Target Spot Material: Flat Mirror: Noise Material :
Raytrace
8: Bad News
halaman 67
Animasi Teks “ Berita13” pada jalur melengkung mengelilingi Bola dunia dan
hubungannya dengan Coreldraw. Modifier: Path Deform, Setup Durasi Animasi
Rotate, Animasi Camera, Render Video Post: Filter: Lens Effects Glow.
9: Hammer to Fall
halaman 81
Membuat Palu 3D yang berasal dari objek 2D dengan material multisub object.
Sekrup dibuat dengan teknik loft juga dengan deformasi Twist. Materi: Create:
Compound Object: Loft & Boolean Deformation: Scale & Twist, Create:
Ngon Modifier List: Edit Mesh, Slice, Cap Holes, UVW Map Material:
Multi/SubObject
10 Chase the Ace
halaman 95
Animasi ban kempes mengejar bola memantul. Dengan pengaturan grafik Curve
editor pada bola, modifier Xform dan FFD box pada ban. Materi: Torus, Loft
& Sphere, Material: Checker & Speckle. Tool: Select & Link Camera :
Motion Blur Modifier List: Xform, FFDBox
11: Back to Nature
halaman 105
Membuat pemandangan alam di perbukitan yang dibantu Photoshop. Materi:
Displace, Edit Mesh, Foilage, Material: Top / Bottom, Background Bitmap
Spherical Environment Raytrace, Displacement, Bump Effects: Lens Flare : Glow,
Ray
12: Architecturia
halaman 117
Membuat bangunan 2 lantai dengan komponen arsitektur instant. Materi: Create:
AEC Extended: Wall, Objek Arsitektur: Stairs, Door, Windows, Bevel, Material:
Multi Sub/Object, Matte/ Shadow Render : Advanced Lighting: Light Tracer
13: Funtastic Fountain
halaman 135
Animasi air mancur dan modeling kolam batu lengkap dengan material. Materi:
Create: Line & Loft Create: Particle System: Superspray Create: Space Warp:
Gravity & Deflector Modifier List: Lathe, Ripple Material: Opacity, Mix,
SelfIllumination Properties: Motion Blur.
14: Real Motion with
Reactor halaman 147
Animasi dan simulasi kotak jatuh mengenai bidang miring lalu jatuh ke air
dengan batuan Engine Reactor. Materi: Rigid Body & Soft Body Collection,
Water, Utility : Reactor Modifier List: Reactor Soft Body, Material: Wave
15: Pussy Milk halaman
157
Membuat visualisasi kemasan kotak susu dengan teknik Unwrap UVW. Agar lebih
luwes dan manusiawi diberi kesan lentur dan organik. Materi: Box, Boolean, Edit
Mesh, Unwrap UVW, Smooth, FFDBox, Twist, Bend
dan Capture ke/dari Adobe Photoshop.
16: Pirates of Carribean
halaman 169
Membuat kapal bajak laut yang terdiri dari permukaan melengkung / kurva dengan
fasilitas Surface. Materi: Line, Plane Modifier List: Surface,
Tesselate, Lattice, Material: Diffuse Decal Premulitplied Alpha, Bump,
Noise Material, Flat Mirror dan Environment: Fog
17: Darth Vader’s Death
halaman 187
Animasi ledakan kapal luar angkasa. Di belakang kapal tersebut terdapat kepulan
asap bercahaya. Materi: Atmosheric Aparatus, Spray, Particle Array Motion Path,
Material: Gradient , Noise Environment: Fire Effects, Track View: Dope Sheet:
Visibility Track
18: Silent Hill halaman
199
Membuat pemandangan di perbukitan untuk anak anak. Terdapat jalan, pohon
dan pagar yang mengikuti kontur perbukitan dengan teknik Patch deform. Materi::
Plane, Sphere, Cylinder, Loft , Scatter, Skylight Modifier List: Noise, Patch
Deform, Spacing tool dan Rendering : Lightracer
19: Illegal Alien
halaman 207
Modelling Character Alien 3D dengan teknik Box Modeling. Objek dapat diwarnai /
dilukis secara bebas pada objek tersebut di Viewport. Materi: Box, Cut,
Extrude, Ring, Connect, Chamfer Modifier List: Vertex Paint Material: Vertex
Color
20: Alien In Action
halaman 229
Animasi Alien dengan gerakan manusiawi dengan bantuan Character Studio dengan
teknik Rigging Physique. Materi: Biped Modifier List: Physique, Modify:
Envelope, Control Point, Motion: Figure, Footstep, Motion Flow, Display:
Freeze, Hide
21: Robo Skin halaman
241
Tahap yang paling pening tapi penting adalah proses rigging / skinning dimana
objek / character yang telah kita buat harus di kaitkan ke dalam tulang
/ system biped. Agar character yang kita buat dapat ikut bergerak secara
manusiawi
22: Cross Tree halaman
255
Cara mudah dan cepat yaitu membuat pohon silang yang biasa dijumpai pada game –
game balap, agar frame rate tetap baik. Anda perlu menggunakan Adobe Photoshop
untuk bisa membuat ‘pohon silang’ ini.
23: Blob Logo halaman
261
Membuat animasi logo kartun seperti logo Sony Erriscon edisi Walkman. Dengan
menggunakan fitur Blob Mesh yang ada mulai di 3D Studio Max versi 6, anda dapat
membuat logo yang mempunyai garis lengkung yang sulit dikerjakan secara manual.
24: ShineFX halaman 265
Efek ini populer dipakai untuk opening acara di Televisi. Dengan 3D Studio Max
dapat pula diciptakan kesan tersebut, cara ini salah satu cara dari beberapa
teknik yang ada di 3D Studio Max . Tutorial dapat dipraktekkan di 3D Studio Max
semua versi.
25: Antitv halaman 273
Membuat simulasi Kain / cloth jatuh dan menerpa benda padat / rigid
dengan permukaan yang tidak rata. Bentuk dan pergerakan Kain secara
otomatis akan berubah dipengaruhi oleh posisi Kain terhadap benda
padat, kelenturan, gravitasi, dll. Animasi ini biasa dipakai salah satu stasiun
TV
26 : Sea Monster
halaman 283
Membuat pemodelan ikan Pari jenis Manta Ray. Ikan Pari dibuat menggunakan
teknik Box Modelling. Dengan ditambah modifier Mesh Select dan Wave pada
kedua sayap dan ekornya, menjadikannya bergerak lebih alami. Dengan teknik
dasar seperti inilah pembuatan monster dimulai.
27: Deep
Blue Sea
halaman 297
Membuat suasana bawah laut dengan petualangan seekor ikan Pari yang kabur
diiringi teman-teman kecilnya. Materi yang dibahas: Kedalaman dengan Gradient
dan Fog, berkas cahaya dengan Volume Light dan Projector, Plankton dengan
Spray, Ikan Teri dengan Pcloud dan Path Fillow.
28: Rest in Beach
halaman 309
Pada tutorial ini akan di bahas bagaimana sebuah model kursi berjemur dan
payungnya akan di bangun hanya dengan berbekal Shapes : Line. Tutorial
dapat dipraktekkan di 3D Studio Max semua versi.
29: Teatanic halaman
325
nda dapat menggabungkan objek 3D pada background foto atau video secara
realistik. Selain Teknik Camera match yang rumit, anda dapat membuat teknik
Rotoscope sederhana dengan Material Matte Shadow dengan sedikit trik.
30 : Basicar halaman
331
Dengan teknik Editable Poly, anda bisa membuat body mobil. Tutorial ini
hanya memperlihatkan tool – tool Editable Poly yang bermanfaat untuk
membuat sebuah mobil secara dasar / basic. Diharapkan dengan sedikit ketekunan
anda dapat membuat mobil atau kendaraan lain yang lebih rumit dan detail.
31 : Particle Chronicle
halaman 347
Di 3D Studio Max mulai versi 6 ada fitur ajaib yaitu particle flow. Anda dapat
merekayasa skenario / event kejadian pada partikel. Berbeda dengan partikel
spray biasa, parameter particle view mempunyai flow chart terstruktur untuk
mengatur kejadian suatu partikel secara sistematis
32 : Mental Ray halaman
355
U untuk mendapatkan hasil render yang nyaris realistis, dapat menggunakan
bantuan plugin V-Ray. Namun di 3D Studio Max sendiri sudah menyediakan
fasilitas dengan fungsi yang sama yaitu Mental Ray. Meski tidak selengkap
V-Ray, namun untuk membuat material berlian dan efek cahaya sebagai berikut
anda bisa membuatnya dengan mudah.
33 : Dressed For
Success halaman 361
Salah satu teknik modelling yang canggih tapi perlu perencanaan yang matang
adalah NURBS yang merupakan singkatan dari Non Uniform Rational Boolean
Surface. Jadi NURBS adalah kumpulan surface tingkat lanjut. Dengan mengetahui
fungsi - fungsi NURBS anda akan dapat membuat objek – objek fashion seperti
baju, gaun, topi, sepatu dll
34 : Monkey Tea Match
Moving halaman 367
Men-sinkronkan pergerakan kamera pada video background dengan
posisi objek 3D, hingga seolah-olah video background dan objek 3D
menyatu. Teknik ini biasa dipakai untuk keperluan visual effect pada
film maupun iklan di televisi
35 : Charfly
halaman 383
Tutorial ini menggabungkan antara modelling, material dan animasi teks. Teks
melayang per huruf satu persatu sehingga menjadi tulisan yang terbaca pada
akhirnya. Animasi teks ini biasa ditayangkan pada judul acara di layar TV
35 : Illustrate!
halaman 397
Selain menggunakan material Ink n Paint, anda dapat menggunakan Plugins
Illustrate! untuk menghasikan gambar kartun. Keunggulan Illustrate! antara lain
pada kecepatan rendering, output ke Flash (*swf), variasi garis / outline dan
parameter yang cukup lengkap.
37 : Bonus Tutorial,
Tips n Trix halaman 409
Beberapa materi - materi tutorial yang menarik dan bermanfaat dan belum dibahas
dalam 36 tutorial sebelumnya antara lain : Wire Parameter, NURBS, Panorama
Quicktime VR, Shockwave 3D, 3D alkthrough, Channel 3D After Effects ,
Window Reflection, Tips
Untuk Contoh Gambar Animasi 3D Pemula : KLIX DISINI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar